Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Sariawan Kimia dan Herbal Yang Ampuh dan Mujarab

Seriawan pada mulut terutama pada bagian bibir biasa disebut juga sariawan atau stomatitis aftosa (stomatitis aphtosa) adalah suatu kelainan pada selaput lendir pada mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang perih.

Seriawan merupakan penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan. Sekitar 10% dari populasi menderita dari penyakit ini, dan wanita lebih mudah terserang daripada pria.

Sariawan tidak terjadi secara kebetulan, namun ada beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya penyakit ini.
  • Mulut tergigit. Ini adalah hal yang umum. Biasanya mulut tergigit karena makan terlalu cepat atau pada saat mengobrol.
  • Kekurangan nutrisi seperti zat besi, Vitamin B 12 dan Vitamin C bisa menyebabkan sariawan.
  • Tanda dari kelainan pencernaan
  • Kebersihan mulut yang tidak terjaga
  • Daya tahan tubuh melemah
  • Produk pasta gigi yang tidak cocok dengan mulut
  • Makan makanan yang terlalu pedas atau asam
Untuk obat sariawan yang terbuat dari bahan kimia yang biasa kita temui di apotik dan warung terdekat disekitar kita :

Mengunakan Obat Parasetamol atau Mefenamat
Untuk menghilangkan rasa sakit karena sariawan anda bisa menggunakan obat kumur atau obat yang diminum. Untuk obat yang diminum, anda bisa menggunakan parasetamol atau asam mefenamat, namun ingat, selalu perhatikan dosisnya juga.


Pegobatan yang ampuh dengan mengurangi faktor pecentus terjadinya sariawan. Pengobatan biasanya hanya untuk mengurangi sakit, mempercepat penyembuhan, menghilangkan peradangan, dan mencegah berulangnya sariawan.


Perawatan tambahan berupa, pola makan , obat kumur, pengendalian stress, istirahat yang cukup. berikut beberapa ramuan obat herbal tradisional yang terbuat dari bahan alami yang cukup ampuh dan mujarab untuk menyembuhkan sakit sariawan pada mulut.

Pasta Berbahan Garam dan Baking Soda
Selain itu anda juga bisa membuat obat buatan anda sendiri, caranya dengan membuat pasta berbahan garam dan baking soda. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu mencampurkan garam dengan backing soda dan tambahkan sedikit air. Setelah itu oleskan pada luka sariawan dan tunggu kurang lebih selama 10 menit, setelah itu basuh dengan air.

Air Kelapa
Percaya atau tidak, air kelapa dikenal denga pendinginannya sehingga dapat menenangkan sistem pencernaan. Selain baik untuk mengatasi dehidrasi, air kelapa juga baik untuk mengobati sariawan.

Pisang dan Madu
Anda dapat membuat pasta dari pisang dan madu. Cara anda haluskan buah pisangnya bisa dengan sendok ataupun diblender. Setelah itu campurkan dengan madu. Selanjuntnya anda oleskan pada ulkus (luka sariawan). Hal tersebut berfungsi untuk mencegah peradangan.

Daun Jambu Biji
Daun jambu biji ternyata juga punya banyak manfaat, selain dapat mengobati sakit perut, juga dapat mengobati sariawan. Caranya kunyahlah beberapa daun jambu biji lalu berkumurlah.

Yogurt
Mengkonsumsi yogurt dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada dimulut dan tubuh. Dengan begitu anda dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan anda. Selain itu anda juga telah melakukan langkah pencegahan sariawan.

Minum Vitamin
Minum vitamin B, vitamin C, zat besi dan asam folat yang juga berperan dalam mencegah dan menyembuhkan luka sariawan. Ini tujuannya untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin tersebut.

Konsumsi Buah-buahan 
Misalnya anda bisa memakan tomat, jeruk dan buah-buahan lainnya, manfaatnya yaitu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C anda.

Bawang Putih dan Pepaya
Anda juga dapat menggunakan bawang ataupun pepaya untuk menyembuhkan sariawan, caranya dengan menempelkan langsung pada bagian luka sariawan.

Minyak Kelapa dan Madu
Minyak kelapa bersifat anti bakteri, anda dapat mencapurnya dengan madu untuk kemudian dioleskan pada bagian luka sariawan. Sebaiknya lakukan langkah ini setiap anda hendak tidur.

Kunyit
Kunyit ini memang tumbuhan super, selain dapat dijadikan rempah-rempah atau bumu masak, kunyit juga sering digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit dibagian lambung atau saluran pencernaan. Selain itu juga kunyit ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan, caranya buatlah pasta dari kunyit. Langkahnya cukup mudah, cuci bersih kunyit, kemudian haluskan dan campurkan kunyit dengan satu sendok teh gliserin dengan cara ditumbuk atau diblender. Selanjutnya anda oleskan pada bagian luka sariawan.

Daun jambu biji
Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang dapat membantu mengobati sariawan secara alami. Kunyah beberapa lembar daun jambu biji lalu berkumurlah.

Pisang dan madu
Makan pisang dan madu untuk menyembuhkan sariawan. Anda bahkan dapat menerapkan pasta ini pada ulkus untuk mengurangi peradangannya.

Bawang putih dan pepaya
Mengoleskan obat langsung pada luka sariawan dapat mempercepat proses penyembuhan. Tempelkan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan.

Minyak kelapa
Minyak kelapa memiliki sifat anti-bakteri. Anda bisa mencampurkan minyak kelapa dengan madu. Oleskan ramuan tersebut pada mulut yang sariawan tiga kali sehari.

Tomat
Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti tomat mampu menyembuhkan sariawan. Konsumsi tomat mentah atau jus tomat karena kandungan vitamin C di dalamnya tinggi.

Kunyit
Jangan dikira kunyit hanya berfungsi sebagai bumbu masak. Kunyit juga mampu mengobati sariawan. Ambil kunyit secukupnya, cuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Oleskan pasta yang terbuat dari tumbukan kunyit yang telah dicampur dengan satu sendok teh gliserin.


Posting Komentar untuk "Obat Sariawan Kimia dan Herbal Yang Ampuh dan Mujarab"