Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Sakit Gigi Herbal dan Kimia Yang Ampuh dan Mujarab


Obat sakit gigi paling ampuh di apotik. Obat-obat dibawah ini adalah obat nyeri sakit gigi yang hanya bisa digunakan jika nyeri atau seperlunya saja. Nyeri akan tetap terjadi jika penyebab nyerinya tidak teratasi. Bisa jadi terkena infeksi, bisa jadi ada gigi yang mendesak gusi, atau penyebab lainnya. Berikut obat sakit gigi yang terbuat dari bahan kimia yang ampuh meredahkan sakit :

Asam Mefenamat
Ponstan dari Pfizer adalah merek terkenal untuk asam mefenamat. Asam mefenamat itu adalah generiknya atau nama zat aktifnya. Harga 1 butir ponstan sama dengan 10 butir asam mefenamat. Khasiatnya sama aja, menghilangkan nyeri pada gigi.
Cara kerja asam mefenamat adalah menghambat sintesis prostaglandin yang disebabkan oleh nyeri.
Obat ini cocok untuk orang yang tidak mengalami masalah pada pencernaannya karena obat ini bersifat asam.
Dosisnya 3 kali sehari 1 tablet (500 mg) setelah makan, digunakan sampai nyerinya hilang. Selain Ponstan masih banyak merek yang lain seperti Pondex, Mefinal, Licostan, dan lain-lain

Antalgin
Obat yang satu ini sangat terkenal sebagai penghilang nyeri pada sakit gigi. Efek anti nyerinya cukup kuat, lebih kuat dari asam mefenamat. Merek dagangnya biasanya merupakan kombinasi dengan vitamin B complex. Contohnya : adalah neuralgin, dolo neurobion, dan lain-lain.
Biasanya dokter gigi meresepkan antalgin yang dikombinasi dengan obat relaxant otot yaitu diazepam. Obat ini termasuk golongan psikotropika jadi nggak bisa dibeli tanpa resep dokter dan menyebabkan efek mengantuk. Contohnya : Danalgin, proneuron, cetalgin, Analsik, dan lain-lain.
Dosis Antalgin /antalgin plus kombinasi : 3 kali sehari 1 tablet (500 mg) setelah makan.

Ibuprofen
Obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi demam, tapi bisa juga dipakai sebagai anti nyeri pada sakit gigi.
Sediannya adalah 200 mg dan 400 mg. Dosisnya adalah 200 mg 3-4 kali sehari setelah makan.

Paracetamol
Obat ini juga terkenal sebagai anti piretik (penurun panas) tapi manjur juga untuk sakit gigi. Obat ini paling aman untuk sakit gigi pada anak-anak. Dengan berbagai merek dagang yang tersedia di pasaran. Ada panadol sirup, paracetamol sirup (generic), sanmol sirup, pamol sirup, biogesic sirup dan masih banyak lagi.
Dosis minum dewasa : tablet 500 mg 3-4 kali sehari setelah makan
Dosis anak < 1 thn : ½ sendok takar (80 mg)
1-3 thn : ½-1 sendok takar (80-160 mg)
4-6 thn : 1 sendok takar (160 mg)
7-12 thn : 2 sendok takar (320 mg)
3-4 kali sehari hingga sakitnya hilang
5. Kalium Diclofenac
Obat ini sangat cocok untuk sakit gigi dan gusi yang disertai bengkak. Obat ini efeknya cukup cepat. Merek yang paling terkenal adalah Cataflam dengan dosis 25mg, 50 mg, bentuk powder, ataupun tablet dispers yang mudah larut. Obat ini juga harus diminum setelah makan karena sering menyebabkan iritasi lambung.
Dosis maksimal sehari adalah 150 mg. Obat ini tidak boleh untuk anak-anak (dibawah 14 tahun).
Obat ini terdapat dalam merek : cataflam, kaflam, eflagen, X-flam, dan lain-lain

Natrium Diclofenac
Obat ini juga cocok untuk sakit gigi yang disertai peradangan (bengkak) karena ada efek anti inflamasi. Tapi harus diperhatikan, obat ini tidak disarankan untuk pasien yang hipertensi. Sama seperti kalium diclofenac, obat ini juga menyebabkan iritasi lambung, jadi minumnya setelah makan.
Sediaannya adalah 25 mg dan 50 mg, dan dosis dewasa 75-100 mg sehari, tidak untuk anak-anak.
Obai ini terdapat dalam merek : renadinac, voltaren, voltadex, neurofenac, dan lain-lain

AMOXIL 500 MG KAPSUL 100'S
AMOXSAN 125 MG SIRUP KERING 60 ML




Berikut ini beberapa ramuan herbal alami yang ampuh dan mujarab tradisional untuk mengobati sakit gigi.

Bawang putih
Berdasarkan buku Jude’s Herbal Home Remedies yang ditulis oleh Jude C. Todd, bawang putih dapat menyembuhkan sakit gigi atau gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptik. Ambil satu siung bawang putih dan letakkan di gigi. Lakukan selama 5 menit, kemudian keluarkan bawang putih dan bilas mulut dengan air hangat.

Daun Cengkeh
Cengkeh merupakan rempah yang menjadi bahan dalam pembuatan rokok. Namun, daun cengkeh ternyata memiliki khasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya, cuci beberapa helai daun cengkih, seduh dengan air mendidih, kemudian dilumatkan. Peras dengan kain. Basahi kapas dengan cairannya, jejalkan ke lubang gigi yang sakit.

Minyak cengkih
Sebuah penelitian pada Journal of Dentistry tahun 2006 menemukan, minyak cengkih juga bisa meringankan sakit gigi.

Berikan 2 – 3 tetes minyak cengkih ke kapas kemudian gosokkan pada gigi. Jika menggunakan cengkih, basahi dulu dengan air liur atau kunyah-kunyah sebelum dimasukkan pada gigi.

Teh Hangat
Dalam buku Prescription for Herbal Healing yang ditulis oleh Phyllis A. Balch, dikatakan teh dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Teh panas membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit sementara. Tempatkan kantong teh pada gusi untuk membantu menghentikan peradangan. Sebaiknya jangan dicampur gula dalam teh hangat.

Cabe rawit
Kecil-kecil cabe rawit adalah ungkapan untuk menggambarkan sesuatu yang kecil namun memiliki banyak kelebihan. Dalam hal mengatasi sakit gigi, ini bukan sekedar ungkapan. Cabe rawit mengandung senyawa capsaicin yang berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Larutkan cabe ke dalam air panas, celupkan kapas, peras sedikit dan letakkan di gigi.

Getah Jarak
Tanaman jarak memang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Selain minyak buah jarak yang sekarang sedang diupayakan sebagai bahan bakar alternatif, getah dari pohon jarak ini ternyata berkhasiat mengobati sakit gigi berlubang. Caranya gampang, hanya dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang berlubang. Atau bisa juga dengan mengambil getah jarak menggunakan kapas, kemudian masukkan kapas pada gigi yang berlubang.

Akar Kangkung
Siapa sangka sayuran yang bisa bikin ngantuk jika dikonsumsi terlalu banyak ini bisa juga dijadikan sebagai obat untuk mengatasi sakit gigi. Caranya: Sediakan segenggam akar kangkung, 1/2 sdt cuka, direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya untuk berkumur.

Akar Meniran
Selama ini kita mengenal meniran sebagai tanaman herbal untuk mengobati penyakit ginjal, gangguan saluran kencing, hepatitis dan disentri. Namun ternyata akar meniran juga berkhasiat untuk mengobati gigi yang sakit. Caranya: Cuci bersih akar meniran, lalu kunyah-kunyah pada gigi yang sakit.

Sereh
Sereh (bukan sirih) dikenal juga dengan nama serai. Biasa digunakan sebagai bumbu dapur terutama untuk pepes agar menambah aroma. Caranya: Rebus 40 g sereh segar dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Gunakan ramuan ini untuk berkumur.

Es batu
Menggunakan es batu dikenal untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada gigi dan gusi. Masukkan es batu dalam kantong kain atau ke area sakit dan biarkan selama 5 – 10 menit. Lakukan ini sebanyak 2 kali sehari, tapi bila kondisi tidak membaik, segera hubungi dokter.

Obat Gusi Bengkak Herbal Mujarab di Mulut
Obat Sakit Gigi Herbal dan Kimia Yang Ampuh dan Mujarab


Tag Search :
Obat sakit gigi,obat sakit gigi ,obat sakit gigi ponstan,obat sakit gigi untuk ibu hamil ,obat sakit gigi anak,obat sakit gigi herbal,obat sakit gigi di apotik,obat sakit gigi tradisional paling ampuh,obat sakit gigi alami,obat sakit gigi berlubang,obat sakit gigi berlubang di apotik

Posting Komentar untuk "Obat Sakit Gigi Herbal dan Kimia Yang Ampuh dan Mujarab"